Aplikasi Edit Foto Terbaik Gratis untuk Android dan iOS

Hobi edit foto banyak digemari karena menyenangkan dan artistik. Foto yang telah diedit dapat dibagikan di media sosial sehingga orang-orang dapat turut menikmati dan mengagumi hasilnya.  Aktivitas edit foto juga dapat mengatasi bosan saat pandemi ini, terutama dengan pemberlakukan PPKM Level 4 di banyak daerah. Selain mengatasi bosan, edit foto dapat dijadikan ajang untuk mendapatkan penghasilan tambahan sekaligus menambah keterampilan.

Jasa edit foto kini juga makin banyak dibutuhkan dengan berkembangnya era digital. Sebuah momen yang diabadikan dapat menjadi lebih spesial dengan tambahan nuansa artistik yang memperindah foto. Tak perlu repot, edit foto kini dapat dilakukan dengan praktis melalui ponsel Android dan iOS. Tentunya, untuk mengedit sebuah foto diperlukan aplikasi edit foto terbaik agar hasil foto semakin indah.

Banyak pilihan aplikasi edit foto terbaik untuk ponsel Android dan iOS, beberapa diantaranya dapat disimak melalui ulasan berikut.

  1. Adobe Lightroom Adobe Lightroom memberikan fitur edit foto yang lengkap namun sederhana untuk fotografer profesional maupun pemula. Aplikasi edit foto ini memiliki fitur kamera bawaan yang dapat mengambil foto dalam format RAW melalui gawai Anda. Sinkronisasi yang mudah dan cepat. Menangani dan memproses sejumlah besar foto sekaligus. Lebih mudah untuk belajar dan menguasai berbagai pilihan yang ditawarkan. Ada berbagai macam filter dan opsi siap pakai dan buatan komunitas yang Anda inginkan. Tampilan antarmuka pengguna yang baik. Kekurangan: Fitur manajemen file agak rumit sehingga tidak sesuai dengan selera semua orang. Tidak memberi banyak kendali atas penyesuaian detail foro.
  2. Adobe Photoshop Express Aplikasi edit foto lain yang cukup populer adalah Adobe Photoshop Express. Tidak seperti banyak aplikasi foto lainnya, Photoshop Express menyertakan fungsi yang dapat membantu Anda mencapai opsi pengeditan yang lebih fleksibel.

    Jika Anda ingin mengedit dalam format RAW atau bahkan dalam format TIFF, Anda dapat melakukannya dengan aplikasi edit foto ini. Ada 45 filter yang tersedia, jadi, Anda bisa berkreasi seluas mungkin. Berbagi foto, mengubah ukuran gambar, dan memberi watermark adalah beberapa fitur lain yang berguna. Namun, dibandingkan dengan Adobe Lightroom, Photoshop Express jauh lebih lemah dan cakupannya terbatas. Photoshop Express menawarkan pengeditan cepat, tetapi untuk nuansa yang lebih profesional, aplikasi Adobe Lightroom menyediakan lebih banyak opsi.

    Kelebihan: 45 pilihan filter. Tampilan antarmuka yang jelas. Membuat kolase. Menerapkan efek blur. Personalisasi sesuai keinginan. Kekurangan: Banyak fitur memerlukan langganan Creative Cloud. Opsi retouching yang lemah.

  3. Snapseed Meskipun Snapseed bukan aplikasi edit foto yang memiliki banyak fitur, aplikasi ini cukup mudah digunakan dan bagus untuk pemula. Snapseed dikembangkan oleh Google dan menawarkan tampilan antarmuka yang ramah pengguna.
    Anda hanya perlu memilih gambar yang ingin Anda edit melalui sejumlah opsi filter atau Anda bahkan dapat menggunakan beberapa alat yang sangat berguna seperti alat Healing untuk menghapus elemen yang tidak diinginkan dari gambar atau bahkan Head Pose untuk mengubah tampilan kepala seseorang dalam potret tembakan. Kelebihan: Berbagai macam alat pengeditan yang sangat mudah digunakan. Eksposur, warna, dan penyesuaian ketajaman. Filter hitam & putih, vintage, dan tekstur. Peningkatan kualitas foto. Eksposur ganda, bingkai, dan teks. Kekurangan:

    Opsi penyimpanan foto tidak terlalu intuitif. Integrasi jaringan sosial tidak terlalu jelas.

  4. VSCO VSCO merupakan salah satu aplikasi edit foto terbaik sekaligus aplikasi berbagi foto. Aplikasi ini memiliki fitur kamera 3-in-1 yang sangat baik serta fitur berbagi sosial dalam komunitas fotografer yang beragam dan menginspirasi. VSCO memiliki desain intuitif dan menu utama yang bersih dan lugas serta ikon yang sederhana dan mudah dipahami. Fitur kamera VSCO sangat mengesankan. Anda dapat menyesuaikan fokus dan pencahayaan, beralih di antara 3 mode lampu kilat, mengaktifkan garis kisi untuk komposisi yang seimbang, dan memilih warna antarmuka. Kelebihan: 200+ preset. Fitur edit video. Beragam alat untuk mengedit gambar dan video. Akses eksklusif ke konten editorial. Kekurangan: Sebagian besar filter memerlukan akun berbayar. Tidak bisa mengedit foto dalam jumlah besar sekaligus. Antarmuka pengguna yang terlalu minimalis sehingga aplikasi dapat membingungkan untuk digunakan.
BACA JUGA  Langkah Membuat Penampilan Interior Rumah Anda Terlihat Baru