Resep Sambal Matah Rumahan Segar dan Lezat

Masyarakat Indonesia tentu sudah tidak asing lagi dengan yang namanya sambal. Ada banyak ragam jenis sambal yang dimiliki Indonesia. Setiap kota memiliki ciri khas sambalnya tersendiri. Dan salah satu sambal yang cukup favorit bagi masyarakat Indonesia adalah sambal matah khas Bali. Berikut ini resep sambal matah rumahan yang segar dan lezat yang bisa dicoba dirumah:

1. Asal Sambal Matah

Sambal matah merupakan hidangan sambal khas Bali yang telah populer di masyarakat Indonesia. Nama sambal matah sendiri memang diambil sesuai dengan gambaran bahan utamanya yakni sambal dan matah yang memiliki arti mentah, jadi sambal matah merupakan sambal yang penyajian bahan-bahannya masih mentah atau tidak diolah.

Dimana sambal matah ini berisikan bahan-bahan yang segar dan tidak melalui proses pengolahan atau dimasak. Sambal matah juga merupakan warisana kuliner dari nenek moyang dan sudah ada sejak berabad-abad yang lalu berkaitan erat dengan adat dan istiadat kehhidupan masyarakat Bali.

Sambal Matah memiliki ciri khas rasa yang pedas, segar dan sedikit asam. Dan rasa seperti ini sangat disenangi dan dicintai oleh masyarakat Indonesia, terutama masyarakat Bali yang sangat suka dengan rasa pedas.

Untuk penyimpanan sambal matah ini kita dapat menyimpannya lebih dari sehari, karena jika menyimpannya lebih dari sehari bahan-bahan dari sambal matah akan mengeluarkan bau tidak sedap. Serta sambal matah ini juga tidak dapat dipanaskan kembali jadi sebaiknya kita membuat sambal matah ini seperlunya dan tidak berlebihan agar tidak mubadzir.

2. Bahan-Bahan Membuat Sambal Matah

  • 20 buah Cabe Rawit
  • 10 Bawang Merah
  • 3 batang Serai
  • 2 sendok air perasan Jeruk Nipis
  • 8 lembar Daun jeruk
  • Secukupnya Minyak goreng
  • Secukupnya Garam
  • Secukupnya Gula

3. Cara Membuat Sambal Matah

  • Pertama kupas, potong dan iris kecil-kecil bawang Merah, cabe rawit dan iris tipis serai. Untuk menjaga kebersihannya kita jangan lupa untuk mencuci dulu semua bahan-bahan yang digunakan. Pada bagian serai ambil bagian dalam batang yang berwarna putih.
  • Siapkan wadah atau mangkok untuk menaruh bahan-bahan yang telah diiris tadi. Setelah itu masukkan semua bahan-bahan dan aduk hingga tercampur rata, tambahkan juga garam, gula dan air perasan jeruk nipis kemudian aduk kembali.
  • Selanjutnya siapkan minyak goreng panas. Masak minyak hingga panas dan mengeluarkan buih, kemudian matikan kompor jika telah panas dan kemudian tuangkan pada mangkok yang berisi bahan-bahan tadi.
  • Aduk semua bahan hingga semuanya tercampur merata, kemudian kita dapat mencobanya untuk mengetahui rasanya dan kekurasangan rasanya. Jika sudah dirasa pas maka kita dapat menyajikannya.
  • Sambal matah sudah siap dihidangkan.

4. Hidangan Bersama Sambal Matah

Kita dapat menyantap dan menikmati sambal matah bersama berbagai menu hidangan makanan utama seperti lauk pauk, ikan bakar, ayam bakar, telur dadar, udang goreng tepung, cumi goreng tepung, sate lilit, suwir ikan cakalang, ayam goreng tepung krispi, ayam geprek, bebek goreng dan menambahkannya dengan nasi hangat tentunya akan membuat kita semakin lahap makannya.

Sambal matah ini sangat mudah untuk dibuat dan dicoba dirumah, ditambah juga bahan-bahan untuk membuatnya sangat mudah untuk dijumpai dan ditemukan. Jadi selamat mencoba membuat resep sambal matah rumahan. Dijamin nanti bakal ketagihan untuk membuat sambal matah lagi.